2/11/2018

Jangan Bangga Dulu Setelah Sidang Skripsi

Tags

skripsi

Setelah Sidang Skripsi. Skripsi adalah tugas akhir bagi mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Demi skripsi kita harus rela berkorban berjuang bin rela pontang panting sana sini untuk tugas yang satu ini. Bahkan dalam keadaan sakitpun terkadang tetap berjuang untuk menuntaskan skripsi. 

Saya sendiri merasakan bagaimana perjuangan menghadapi ujian ini hingga stamina drop selama beberapa hari alias sakit karena kurang istirahat akibat lembur siang malam.

Awalnya saya berpikir bahwa tidak ada lagi hal yang harus dikerjakan ketika sidang skripsi setelah selesai, saya kira hanya tinggal menunggu wisuda. Ternyata masih banyak hal yang perlu dilakukan setelah sidang skripsi selesai. 

Sidang skripsi bukanlah akhir dari segalanya, karena setal sidang skripsi pasti ada stempel antara Lulus tanpa revisi dan Lulus dengan revisi. Tragisnya adalah ada yang dinyatakan Tidak lulus. Berarti Kelulusan ditunda menunggu tahun depan.  Ada beberapa hal-hal yang perlu dikerjakan setelah sidang skripsi. Yaitu :

Revisi bertemu dosen pembimbing dan dosen penguji

Skripsi yang diuji pada saat sidang tentu tidak sempurna.Maka jangab bangga dulu, karena revisi sudah menanti. Kita akan kembali menemui dosen pembimbing dan dosen penguji. Kemudian, mendapat persetujuan atas revisi yang sudah dikerjakan. Setelah sidang, kita masih harus memutar otak untuk meng upgrade alias memperbaiki skripsi yang telah dibuat.

Berapa lama jatah waktu untuk revisi skripsi? Tergantung kebijakan yang diberikan oleh dosen penguji pada waktu sidang. Ada yang dua hari, satu minggu,  dua minggu dst. Tapi biasanya waktu revisi yang diberikan dosen penguji tidak lama. Tentunya karena dosen menginginkan semuanya berjalan dengan cepat.

Mengembalikan Buku pinjaman

Untuk membuat skripsi tentunya kita perlu referensi. Terkadang referensi yang kita gunakan adalah hasil pinjaman. Maka setelah ujian skripsi segera kembalikan. Baik itu milik kampus, milik teman, atau milik orang lain. Jangan sampai setelah lulus masih punya tanggungan barang yang belum dikembalikan

Selesaikan Urusan Administrasi
Lengkapi berkas-berkas yang menjadi syarat dalam mengurus surat keterangan lulus. Jangan menyiapkan terlalu mepet waktu untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan

Memberikan kenangan pada dosen

Berikanlah kenanga perekat hati kepada dosen Pembimbing atau Penguji sebagai bentuk terima kasih. Bukankah mereka telah meluangkan waktunya dan mereka juga menangguhkan tugas lainnya demi untuk membimbing dan menguji kita? Maka tidak ada salahnya memberika sesuatu kepada dosen setelah menghadapi sidang ujian skripsi.


EmoticonEmoticon