June 28, 2016

Sekilas Tentang Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso


al ishlah bondowoso
Profil Al Ishlah
Dipesantren inilah saya pernah nyantri sekaligus kuliah. Di Al Ishlah inilah pertama kali menginjakkan kaki di Bondowoso. Pondok pesantren Al Ishlah adalah Pondok Pesantren yang didirikan pada tahun 1970 oleh Kh. Muhammad Ma'shum. Pada mulanya nama Al Ishlah bernama PP. Miftahul Ulum, seiring perjalanan waktu. Pondok ini berubah nama menjadi Pondok Pesantren Modern Al Ishlah.

Beralamat di  Jl. Raya Jember Km. 07 No. 17-19, Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Lokasi tepat didepan Kantor kec. Dadapan. Dengan area seluas 10 Ha. Terdiri dari Pondok Putra dan Pondok Putri. Tiap pintu masuk dijaga oleh satpam meliputi Gerbang portal Timur, selatan, Barat Utara, Dan gerbang Al Ishlah putri.

Sebagai lembaga pendidikan, PP. Al Ishlah mengelola pendidikan dari tingkat TK sampai tingkat perguruan tinggi. Meliputi:
  • Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al-Ishlah. 
  • Taman Kanak-Kanak Islam terpadu (TKIT) Al-Ishlah. 
  • Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Ishlah. 
  • Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Ishlah. 
  • Kulliyatul Muballighien Al-Islamiyyah (KMI) Al-Ishlah.
  • Madrasan Tsanawiyah (MTs).
  • Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA.
  • Program Takhasus. 
  • Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah. 
  • Tahfidzul Qur'an dan terjemah. 
  • Pelatihan cara cepat membaca kitab kunig denagan metode Tamyiz.
Di program KMI Al Ishlah disana dibimbing menhafal Alquran dan terjemahannya. Latihan menterjemahkan Bahasa arab. Dan Bimbingan menjadi kader dakwah. Bagi siswa-siswi Al Ishlan Bondowoso yang masuk di KMI, kegiatan ful dari pagi hingga malam. Walaupun KMI husus bagi Santri SMA. Namun Santri Mahasiswa dari STIT Al Ishlah juga dapat menempuh program KMI yang dikenal dengan Program Takhassus.
Slogan Pondok Pesantren Al Ishlah Bondowoso "Khairunnas Anfauhum Linnas (Hr. Imam Tabrani )" Itulah tujuan dari Kh. Muhammad Ma'Shum mendirikan Pondok Pesantren ini. Kalau anda lewat Jl. Km Jember, maka disana terlihat pintu gerbang dengan tulisan PONDOK PESANTREN AL ISHLAH BONDOWOSO " خَـــيْرُ النَّـــــــــاسِ أَنْفَعُهُـــــمْ لِلنَّـــــــــاس "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfa'at bagi orang lain" (HR. Ath-Thabrani)"

Pertama kali tiba di Pondok ini, saya merasa kaget. Karena tidak seperti pesantren pada umumnya. Tatanan Bangunan dan seluk beluk di Al Ishlah  seperti Perumahan. bahkan teman saya pernah menyangka bahwa PP Al Ishlah Adalah perumahan. Ya, seperti itulah. Yang mempunyai ciri has tersendiri. Mulai dari tata letak pembangunan, sistem pendidikan, penataan asrama dan sebagainya.

Tujuan Pondok Pesantren Al-Ishlah tertuang dalam Lagu Mars Al Ishlah Bondowoso. Mencetak Muslim Benar dan Pintar. Mendidik anak menjadi cerdas nan kuat, berhati khusyu' nan ta'at, berperilaku baik nan manfa'at, bekerja keras nan giat dan aktifis perekat umat. Kurikulum yang diterapkan tidak jauh berbeda dengan sistem kurikulum di PP Gontor. Yaitu perpaduan kurikulum Kemenag dan Kemendikbud

Kegiatan Pondok Pesantren Yang ada di Bondowoso ini tidak hanya meliputi kegiatan Pendidikan dan kepesantrenan. Disamping itu terdapat kegiatan-kegiatan Sosial, pelatihan, keorganisasian dan sebagainya. Salah satu kegiatan rutinitas tahunan adalah PSPUP  atau Pesantren singkat pelatihan usaha produktif. Fasilitas yang tersedia yaitu:
  1. Asrama Putra. 
  2. Masjid Putra. 
  3. Asrama Putri. 
  4. Masjid Putri. 
  5. Gedung Sekolah Putra. 
  6. Gedung Sekolah Putri. 
  7. Laboratorium Bahasa.
  8. Komputer dan Micro Teaching. 
  9. Gedung Pertemuan Serba Guna (GSG), 
  10. Perpustakaan, 
  11. Ruang Inap wali santri putra
  12. Ruang inap wali santri putri. 
  13. Sarana Kesenian dan Olahraga Putra.
  14. Sarana Kesenian dan Olah Raga Putri. 
  15. Ambulance yang siap 24 jam. Dll.
Selain dari jenjang pendidikannya yang tertera di atas, Pondok Pesantren Al-Ishlah memiliki ciri tersendiri dalam dunia pendidikan. Yaitu:

  • Berpegang teguh pada Qur’an dan Sunnah As-Shohihah dalam beraqidah syari’ah
  • Modern dalam proses pendidikan
  • Dalam bertatakrama dan adab sopan santun dengan sistem Salaf
Jam kegiatan santri diatur dalam tata tertib Pondok dari bangun tidur jam 03.00 hingga istirahat kembali jam 09.30, setiap santri diwajibkan berbahasa resmi (yaitu bahasa Arab dan Bahasa Inggris), keluar pondok harus izin, harus rapi, baju dan kaos dimasukkan kedalam celana, dan memakai kopyah ketika memakai sarung. 


KMI Al Ishlah
Kulliyatul Muballighin (KMI) merupakan program unggulan di Pondok Pesantren Al Ishlah. Para santri dibekali dengan ilmu dakwah dan dibimbing menghafal Alquran beserta terjemahannya. Sesuai dengan tujuan Al Ishlah yang mencetak kader-kader da'i da'iyah yang siap terjun ke Masyarakat.

Program Tamyiz Al Ishlah 
Untuk memudahkan para santri belajar bahasa Arab, Al Ishlah menggunakan metode Tamyiz. Pada tahun 2012 Kh. Ma'sum selaku pimpinan Pesantren, beliau mengirim beberapa ustadz dan santri ke Indramayu mempelajari langsung metode tamyiz untuk diterapkan di Pondok Pesantren Al Ishlah.

PSPUP Al Ishlah
Salah satu program tahunan Al Ishlah adalah PSPUP ( Pesantren Singkat Pelatihan Usaha Produktif ). Kegiatan ini bentuk kerja sama antara Al Ishlah dengan Dharmais. PSPUP tidak hanya diperuntukkan bagi santri Al Ishlah, tetapi juga merekrut peserta dari luar. PSPUP dilaksanakan selama dua bulan dengan pelatihan berupa Komputer, Menjahit, Las Listrik, dll. 

Satpampes Al Ishlah
Al Ishlah memiliki pasukan husus yang disebut Satpampes, organisasi terkuat dan terhandal. Di Satpampes para santri dilatih. Mulai dari tata cara bertahan hidup dalam hutan, kepramukaan, dll.

Keunikan dari Pondok Al Ishlah Bondowoso adalah tata bangunan yang tidak seperti Pondok Pesantren pada umumnya. Tatanan Gedung-gedung yang berdiri dan seluk beluk lingkungannya menyerupai Kompleks Perumahan
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post